Waspadai Typo Site Penting Bagi Anda Yang Suka Berinternet Banking

Waspadai Typo Site Penting Bagi Anda Yang Suka Berinternet Banking

Di era digital saat ini hal - hal yang praktis ,efisien tentu banyak menarik perhatian orang .Kemudahan - kemudahan dengan adanya kemajuan teknologi sangat menguntungkan bagi kita. Sama halnya dalam berinternet Banking memang menyenangkan, karena berbagai transaksi bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja , hanya lewat segenggam android saja kita bisa bertransaksi dalam jumlah yang tak berbatas .
Di balik itu semua selalu saja ada oknum pelaku kejahatan yang memanfaatkan situasi dan kondisi ini . 
, salah satunya adalah mengambil celah dalam  internet banking menjadikannya  sasaran empuk kejahatan di dunia maya (cyber crime).
Fenomena cybercrime jelas harus lebih kita waspadai karena kejahatan ini agak berbeda dengan kejahatan lain pada umumnya. Cybercrime dapat dilakukan tanpa mengenal batas teritorial dan tidak diperlukan interaksi langsung antara pelaku dengan korban kejahatan. Sehingga seringkali para korban tidak menyadarinya. Dan salah satu jenis kejahatan tersebut adalah typo site.
Modus kejahatan typo site ini terbilang cukup unik dan seringkali tidak disadari oleh korbannya. Caranya, pelaku membuat situs yang memiliki nama yang hampir serupa dengan situs resmi lainnya. Misalnya saja, sebuah situs resmi yang memiliki alamat di http://duniakita.com/ dibuat samarannya dengan alamat http://duniakkitacom/.secara sekilas terlihat sama , namun apabila kita jeli melihatnya padahal itu berbeda. 
Canggihnya si pembuat situs palsu ini bisa membuat domain dengan  .COM ,NET,ORG dan nama domian lainnya keran penyedia jasa domain biasanya tidak sampai seketat itu mengawasi penggunaan domain yang di belinya karena telah menjadi hak sepenuhnya pembeli domain. Pembuat situs tersebut sampai sampai bisa membuat website nya mirip 100 % dengan website aslinya sehingga orang yang mengunjungi website nya akan berpikir pendek dan melakukan berbagai macam transaksi seperti hanya dalam website bank aslinya ,sehingga pemilik website akan  menangkap user ID, password atau data-data pribadi lainnya. Data-data tersebut kemudian dimanfaatkan untuk melakukan transaksi illegal dengan tujuan menipu bahkan mnguras habis saldo yang ada di rekening kita tanpa kita sadari. 
Berikut ini saya sajikan tips untuk anda : 
1.Untuk mencegah terjebak typo site, selalu periksa kembali ejaan nama situs yang Anda ketikkan. Jangan sampai ada kesalahan ketik, termasuk penggunaan symbol. Kesalahan yang banyak terjadi contohnya dalam penulisan huruf EL KECIL (l) yang mirip dengan huruf I BESAR (I), atau angka LIMA (5) mirip dengan huruf S BESAR (S). 
2. Situs Internet Banking, biasanya dilengkapi sertifikat sebagai proteksi tambahan. Untuk itu, jika Anda meragukan kebenaran sertifikat sebuah situs , Anda dapat meng-klik View Certificate untuk melihat rincian sertifikat dan memastikan apakah perusahaan yang Anda masuki situsnya dapat dipercayai. Jika keluar pesan warning mengenai sertifikat saat mengakses server internet banking , lebih baik tidak jadi mengakses situs tersebut atau mengecek ulang nama situs yang Anda ketikkan. 
3. Jika Anda mengakses situs internet banking dari sebuah link, periksalah juga apakah link tersebut membawa Anda ke server yang betul. Lihat jangan-jangan ada permainan huruf atau salah ketik. 
4. Jika Anda merasakan atau menemui keganjilan, segera hentikan kegiatan Anda dan jangan lagi masukkan password atau informasi pribadi. Agar lebih yakin lagi tanyakan kepada orang yang Anda percaya dan mengerti benar secara teknis, atau kepada Customer Service Bank Mandiri di (021) 5299-7777 atau customer.care@bankmandiri.co.id , untuk bank lain mungkin bisa anda sesuaikan .( Sumber : Bank Mandiri )

Comments