Cara dan Syarat Mengajukan Pinjamn / Kredit di Bank Umum

Dalam berbisnis modal adalah hal yang cukup primer ,seseorang akan sulit mengembangkan bisnisnya apabila ia tidak memiliki cukup modal .Kata beberapa pengusaha memang hal yang utama adalah kemauan ,memang benar apabila seseorang telah mempunyai kemauan yang keras ingin berbisnis atau berwirausaha dia akan lebih mudah untuk mendapatkan modal. Modal yang berupa uang bisa saja di dapatkan dengan cara meminjam kepada teman ,saudara atau anda sudah mempersiapkannya di tabungan .Pada kesempatan kali ini saya kan berbagi tips Cara dan Syarat Mengajukan Pinjamn / Kredit di Bank Umum, bagaimana seluk beluk dan prosesnya ,mari kita simak saja . 
Image Credit : 123properti.com

Bagiaman meraih Peluang Bisnis Dengan Kredit Usaha ? Mengapa Perlu Kredit Usaha?
Seringkali peluang pengembangan usaha tidak dapat dilakukan karena kondisi keuangan usaha Anda yang sedang tidak cukup memadai.
Kini dengan bantuan keuangan berupa Kredit Usaha dai bank, Anda tidak perlu melewatkan peluang yang muncul di hadapan Anda.
Apa Itu Kredit Usaha?
Kredit Usaha adalah penyediaan dana dalam jumlah tertentu dari bank untik mendukung tujuan usaha Anda, dengan berdasarkan persetujuan atau kesepakatan pinjam meminjam yang mewajibkan Anda selaku peminjam untuk melunasi pinjaman dalam waktu tertentu beserta pembayaran bunga dan biaya lainnya.
Solusi Keuangan
Pinjaman diberikan untuk mendukung keperluan usaha Nasabah yang mencakup:
  1. Kebutuhan Modal Kerja, yakni untuk menutupi kebutuhan pembelian persediaan ataupun membiayai piutang dagang. Umumnya jangka waktu pinjaman antara 1 – 3 tahun dan bank bisa memberikan kesempatan kepada Nasabah untuk memperpanjang fasilitas kreditnya apabila telah jatuh tempo. Pembayaran kredit dapat dilakukan secara mencicil atau sekaligus lunas.
  2. Kebutuhan Investasi, yakni untuk mendukung kebutuhan dana pembiayaan investasi jangka panjang seperti pembelian kios, ruko, mesin,
Jangka waktu kredit investasi pada umumnya cukup panjang dan biasanya lebih dari 3 tahun. Umumnya pelunasan kredit investasi dilakukan dengan mencicil pokok tabunga secara bulanan.
Persyaratan
Nasabah wajib memenuhi beberapa persyaratan dalam mengajukan kredit, antara lain:
  1. Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Indonesia atau Badan Usaha yang berkedudukan di Indonesia.
  2. Menyerahkan dokumen yang disyaratkan seperti SIUP, TDP, NPWP dan izin-izin lainnya.
  3. Jenis usaha tidak bertentangan dengan hukum dan tidak bersifat spekulatif.
  4. Menyerahkan jaminan apabila disyaratkan bank.
  5. Memenuhi penilaian kelayakan dari Bank.
Jaminan Kredit
Pada prinsipnya jaminan kredit adalah kelayakan usaha berupa arus uang usaha Anda, namun ada kalanya bank membutuhkan jaminan tambahan berupa aset untuk lebih meningkatkan keyakinan bank.
Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan
Beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dalam berhubungan dengan bank adalah sebagai berikut :
  • Tanyakan kepada petugas bank mengenai kewajiban pokok, bunga, biaya-biaya yang dikenakan sebelum mengajukan permohonan kredit.
  • Perhitungkan kemampuan usaha Anda dalam membayar cicilan pokok / bunga kredit yang wajib dibayar setiap bulannya.
  • Gunakan fasilitas kredit yang diterima sesuai dengan tujuan, yakni membiayai usaha Anda.
    Sumber : Website BI

Comments